Senin, 23 Desember 2013


Dalam kegiatan praktikum di bengkel/ workshop atau proses produksi di industri, peralatan merupakan salah satu komponen kunci keberhasilan produktivatitas kerja, keselamatan kerja dan produk yang memenuhi standar. Peralatan dimaksud berkaitan dengan dua hal yakni peralatan yang langsung dengan produk dan peralatan yang diperlukan untuk melindungi pekerja dari kecelakaan yang tidak diharapkan. Jadi sifatnya peralatan tersebut sebagai penunjang.

Di dalam bab ini akan dibahas beberapa alat keamanan yang diperlukan pada waktu bekerja, terutama alat-alat pelindung badan, pelindung pada mesin, pengamanan arus listrik, alat pengamanan ruang dan gejala-gejala kebakaran serta mengangkat benda berat. Badan kita terdiri dari beberapa bagian, semuanya itu harus terlindung di waktu sedang melaksanakan pekerjaan. Alat-alat pelindung bagian badan itu adalah sebagai berikut:

      1.      Alat Pelindung Mata

Mata harus terlindung dari panas, sinar yang menyilaukan dan juga dari debu. Kelengkapan lensa untuk pengelasan dengan gas dan untuk melakukan pemotongan jangan dibiasakan dipakai untuk pengelasan lengkung atau busur, karena lensa untuk mengelas lengkung telah disediakan tersendiri.


Kaca mata debu ialah sebuah alat pelindung mata supaya mata tidak kemasukan debu atau bram (tatal) terutama pada waktu pengerjaan menggerinda, memahat dan lain-lain. Bagian dari kaca mata debu ialah:
a.       Ventilasi pada sisi kaca pelindung
b.      Lensa yang dapat ditukar dengan mudah
c.       Bingkai yang kenyal dan tahan panas yang menyenangkan dalam pemakaian
d.      Keping plindung dan pengikat kepala yang dapat distel
e.       Lensa

Salah satu contoh kacamata misalnya dipakai oleh salah seorang yang sedang mengasah pada mesin gerinda. Selain pada mesin itu sendiri ada kaca pengaman, demi lebih terjamin keamanannya dipakai pula kaca mata debu.

Kaca mata las dapat dibedakan terutama pada kacanya, antara kaca mata untuk pekerjaan las asetelin dan kaca mata untuk pekerjaan las listrik. Kaca mata untuk pekerjaan las listrik lebih gelap daripada kaca untuk pengerjaan las asetelin. Bentuk kaca mata las asetelin sama dengan bentuk kaca mata debu, hanya dibedakan pada kegelapan kacanya.


Helm tersebut yang biasa dipakai untuk pengerjaan las listrik. Disamping itu helem ini juga dapat dipakai untuk perlindungan mata dari semburan debu ketika membersihkan bagianbagian mesin oleh udara kompresor, dapat juga sebagai perlindungan mata dari percikan api ketika menyolder.

      2.      Alat Pelindung Kepala

Peci adalah alat pelindung kepala bila bekerja pada bagian yang terputar, misalnya mesin bor atau waktu sedang mengelas. Ini adalah untuk menjaga terpuntirnya rambut oleh putaran bor atau rambut terkena percikan api. Terutama pada waktu mengelas di atas kepala (over head) tutup kepala atau peci sangatlah penting.



      3.      Alat Pelindung Telinga
Alat pelindung telinga ialah alat yang melindungi telinga dari gemuruhnya mesin yang sangat bising, juga penahan bising dari letupan-letupan.


      4.      Alat Pelindung Hidung

                       

      5.      Alat Pelindung Tangan

Alat pelindung tangan terbuaty dari macam-macam bahan disesuaikan dengan kebutuhannya. Yang sering kita jumpai adalah :

a.       Sarung tangan kain

       

Digunakan untuk memperkuat pegangan supaya tidak meleset pada permukaan, hendaklah dibiasakan bila memegang suatu benda yang berminyak dari bagianbagian mesin atau bahan baja. Tindakan keamanan pada tangan dari akibat minyak dan lemak, dan sebagai tindakan suatu keselamatan kerja untuk pegangan pada permukaan yang licin

b.      Sarung tangan asbes

          

Sarung tangan asbes digunakan terutama untuk melindungi tangan terhadap bahaya pembakaran api. Sarung tangan asbes ini hendaklah digunakan pada setiap pemegangan bahan yang panas, seperti dalam pengelasan dengan las listrik dan pekerjaan menempa

c.       Sarung tangan kulit

        

Sarung tangan kulit digunakan untuk memberi perlindungan dari ketajaman sudut pada perlengkapan yang berbobot, bila perlengkapan itu dipegang atau diangkat
d.      Sarung tangan karet

        

Terutama digunakan pada waktu pekerjaan pelapisan logam seperti pernikel, perkhroom dan sebagainya. Ini adalah untuk menjaga tangan dari bahaya pembakaran asam atau untuk melindungi dari kepedasan cairan pada bak atau panci di mana pekerjaan itu berlangsung. Sarung tangan karet digunakan pula untuk melindungi kerusakan kulit tangan karena hembusan udara pada waktu membersihkan bagianbagian mesin dengan hembusan udara yang ditekan oleh kompresor.

      6.      Alat Pelindung Kaki

              

Untuk menghindarkan kerusakan kaki dari tusukan benda tajam atau terbakar oleh zat kimia, maka sebagai alat pelindung digunakan sepatu. Sepatu ini harus terbuat dari bahan yang disesuaikan dengan kebutuhan tempat kita bekerja. janganlah sekali-kali dilengkapi dengan paku, karena mudah terpeleset.

Sudah menjadi kebiasaan memakai sepatu pengaman pada waktu bekerja di bengkel logam. Jenislain dari sepatu pengaman yaitu memperlihatkan sepatu pengaman yang bentuknya seperti halnya sepatu biasa, hanya pada bagian ujungnya dilapisi dengan baja. Khusus untuk menginjak permukaan yang licin seperti permukaan atap seng digunakan sepatu yang beralas karet supaya tidak terpeleset. Injakan pada atap itu memungkinkan pekerja terpeleset dan jatuh. Sepatu ini digunakan pula bila sedang memperbaiki sayap kapal terbang

      7.      Alat Pelindung Badan

                       

Ketentuan memakai sebuah apron pelindung harus dibiasakan diluar baju kerja. Apron kulit dipakai untuk perlindungan dari rambatan panas nyala api.

Dengan menggunakan pakaian pelindung yang dibuat dari kulit, maka pakaian biasa akan terhindar dari percikan dari api terutama pada waktu menempa dan mengelas. Lengan baju jangan digulung, sebab lengan baju yang panjang akan melindungi tangan dari sinar api.

      8.      Pelindung Hidung dan Mulut

                      

Di tempat-tempat tertentu di bagian bengkel udara sering dikotori, terutama akibat kimiawi, akibat gas yang terjadi, akibat semprotan cairan, akibat debu dan partikel lainnya yang lebih kecil.Misalnya saja pengotoran pada pernafasan akibat debu kasar dari gerinda, kabut cairan cat ketika mengecat, akibat asap yang terjadi ketika pemakanan mata pahat pada bahan yang sedang dikerjakan dan asap ketika sedang mengelas. Tetapi tidak dapat disangkal, bahwa terbakarnya sesuatu di ruang bengkel segera dapat ketahuan diantaranya akibat baunya tercium. Pemakaian alat pelindung pernafasan ditentukan oleh jenis bahaya pengotoran udara. Penahan debu memberi perlindungan pernafasan dari debu, debu metalik yang kasar atau partikel lainnya yang tercampur dalam udara. Yakinlah bahwa pemakaian pelindung ini sudah rapat betul, sehingga udara yang dihirup harus melalui saringan

Pemakaian saringan catridge bila jalannya pernafasan mendapat pengotoran dari embun cairan beracun yang berukuran kira-kira 0,5 mikron. Saringan Catridge diberi tanda oleh pabrik yang membuat guna menerangkan kegunaannya. Bila terasa pernafasan sangat sesak, segera saringan diganti. Yakinlah bahwa melekatnya alat itu pada bagian kulit muka benar-benar melekat dengan baik. Supaya tidak meragukan cobalah dengan jalan melekatkan lembaran kertas atau ditutup telapak tangan pada lubang udara, kemudian dihirup. Jika penghirupan terasa sesak, berarti tidak ada bocoran, ini menunjukkan perlengkapan pada bagian kulit muka baik. Bersihkan alat ini sehingga siap digunakan lagi pada kesempatan lain.

Kedok berkantong udara mempunyai faktor penyaringan yang lebih baik dari pada cara saringan Catridge. Ketentuan-ketentuan dan ukuran-ukuran untuk keselamatan pemakaian dicantumkan dalam keterangan alat ini. Pernafasan dihubungkan kepada kantong udara bersih melalui slang. Yakinlah bahwa bagian perlekatan alat ini pada bagian kulit muka dengan baik. Sebagai percobaan lepaskan slang dari kantong udara, kemudian lakukan seperti pada percobaan saringan Catridge. Kedok dengan slang panjang ini lebih tepat untuk pemakaian secara terus-menerus, karena udara bersih dapat disalurkan dari tempat yang lain dan agak jauh melalui slang. Slang tidak boleh lebih panjang dari 10 meter. Yakinlah bahwa selama pemakaian tidak ada kebocoran, slang tidak melilit dan tidak bocor.



       9.      Pakaian dan cara berpakaian

                   

Pada umumnya pakaian yang patut dipakai ketika bekerja adalah baju kerja yang dalam keadaan rapih dan baik. Bagian pakaian yang sobek dapat mengakibatkan tersangkutnya pada bagian-bagian mesin yang berputar. Hendaklah selalu menghindarkan diri dari sangkutan pada bagian-bagian mesin yang berputar. Lipatan lengan baju di atas siku dengan serapih-rapihnya adalah suatu cara menghindarkan tersangkutnya lengan baju itu pada bagian mesin yang berputar, atau lebih baik lengan baju itu dibuat pendek di atas siku.

Untuk suatu lengan baju khusus, misalnya baju kerja untuk membubut, memfrais, dan kerja mesin lainnya. Baju kerja berlengan panjang juga sangat penting untuk perlindungan kulit tangan dari sinar api waktu mengelas, menempa dan perlindungan terhadap luka-luka kecil pada waktu kerja pelat. Pemakaian cincin hiasan jari dan pemakaian arloji pada pekerjaan tertentu dapat mengakibatkan kecelakaan. Tutup kaki atau sepatu harus dibiasakan dipakai.

      10.  Perlindungan Pada Mesin

              

Letak bahaya yang utama bila menggunakan mesin-mesin ialah pada:
a)         Bagian roda gigi
b)         Roda sabuk
c)         Bagian-bagian yang berputar

Hindarkan anggota badan, karena secara tidak sadar kemungkinan tersenuh kepada bagian mesin yang bergerak. Sentuhan ini sering menimbulkan kecelakaan. Roda-roda gigi selamanya harus diusahakan tertutup. Ini untuk menjaga tangan-tangan usil yang menyebabkan terjadi kecelakaan terhadap manusia atau kerusakan pada mesin. Gambar 4.29 memperlihatkan roda gigi yang terbuka dan tertutup. Roda sabuk, seperti halnya roda gigi, supaya diusahakan tidak terbuka. Jadi, jangan biarkan roda sabuk berputar tanpa pagar pelindung. Gerak putarnya saja bila tersentuh akan menimbulkan bahaya. Ini akan mengakibatkan kecelakaan.
·       Baju yang berkeleweran akan mudah terpuntir oleh bagian yang berputar
·      Bila roda sabuk putus akan mengakibatkan pukulan terhadap pekerja yang kebetulan dekat sabuk itu. Begitu pula pada waktu membetulkan sabuk roda perantara yang terlepas, pakailah penjolok agar jangan sampai terjepit.

      11.  Kaca Pengaman

              

Kaca pengaman yang dipasang pada mesin gerinda, konstruksinya berdiri sendiri terhadap mesin itu. Bila kaca itu rusak dapat diganti dengan yang baru, melalui pemasangan dan penyetelan yang sangat mudah. Debu dan kotoran lainnya yang hinggap pada kaca akan mengakibatkan kaca itu menjadi suram hingga menghalangi penglihatan pada yang sedang mengasah. Alangkah baiknya bila sebelum melakukan pengasahan, kaca itu harus dibersihkan terlebih dahulu.

Seseorang akan bekerja lebih tenang dan aman melakukan pengasahan atau pengerjaan dengan mesin gerinda, bila orang itu memakai kaca mata pengaman (safety gogles). Bila penerangan tidak memungkinkan penglihatan dengan jelas, maka lampu sorot dapat dipasang dan dinyalakan. Kaca pengaman yang dipasang pada mesin gerinda mencegah loncatan bubuk logam yang diasah terhadap mata.

Kaca pelindung pada waktu pemakaian mesin bor adalah untuk mencegah pelemparan bram atau tatal bor. Diutamakan perlindungan terhadap mata. Karena ini tidak jarang orang yang lagi mengebor memakai pula kaca mata biasa atau kaca mata debu. Bila kaca pelindung buram, ini menandakan bahwa kaca itu kotor, karenanya sebelum digunakan terlebih dahulu harus dibersihkan supaya penglihatan melalui kaca itu menjadi terang. Dan orang yang mengerjakan hal ini adalah orang yang tahu keselamatan kerja. Pada gambar berikutnya diperlihatkan kaca pelindung yang melingkari putaran mata bor. Kaca ini lebih memungkinkan keamanannya. Kaca pelindung pada pemakanan pahat terhadap bahan sewaktu membubut.

2 komentar:

  1. Jammy Monkey Casino Bonus Code - JMHUB
    Join Jammy Monkey Casino and play with a 100% Welcome Bonus 대구광역 출장마사지 up 여수 출장안마 to €100! Play slots, 김천 출장마사지 table games, bingo, 전라북도 출장샵 slots, jackpots, video poker, bingo and 성남 출장마사지 much more.

    BalasHapus